Rabu, 24 Maret 2010

Wartawan


Menjadi seorang wartawan yang baik itu tidak semudah seperti yang dibayangkan, sekilas pekerjaan wartawan terkesan "ringan" karena cuma mencari dan membuat berita. Akan tetapi pernahkah terpikir dalam benak anda bahwa menjadi untuk menjadi seorang wartawan yang baik itu  membutuhkan stamina ekstra dan mental kerja yang tinggi serta semangat dedikasi untuk masyarakat.

Secara umum, Wartawan dapat dibagi dalam dua kategori yaitu wartawan yang hanya ingin memanfaatkan pekerjaannya dan wartawan yang menghargai pekerjaannya.


Wartawan yang ingin memanfaatkan pekerjaannya saja bekerja hanya mengeruk keuntungan pribadi dengan mengesampingkan fungsi dan tugas wartawan dengan melanggar kode etik wartawan yaitu  Fungsi Kontrol Sosial. Sudah barang tentu saja tugas wartawan yang seperti itu sangatlah mudah, Ia tidak perlu repot melaksanakan investigasi untuk sebuah kasus dan memberikan kebenaran untuk publik. Sebab pekerjaannya hanya mengumpulkan materi dengan cara menyembunyikan kejelekan pribadi atau organisasi tertentu dengan memberikan berita yang isinya kebohongan kepada publik. dan Pandangan seperti inilah yang berkembang di kalangan publik terhadap kinerja wartawan dewasa ini.

Kendari demikian, masih banyak wartawan yang menghargai pekerjaannya. Mereka adalah wartawan yang mampu menanamkan rasa sosial dengan tetap berpedoman pada fungsi awal dari seorang wartawan yaitu memberikan kontrol sosial. Wartawan seperti ini berani dalam mengatakan yang sebenarnya, Ia berani mengatakan yang "salah" itu salah dan yang "benar" itu benar, Ia mampu bekerja dibawah tekanan dan mampu mempertanggungjawabkan apa yang Ia tulis. Ia juga mampu menuliskan hal yang sebenarnya terjadi di lapangan tanpa  ditutup-tutupi dan penuh dengan keterbukaan.

Walau pun ada kita jumpai wartawan yang hanya memanfaatkan pekerjaannya saja, akan tetapi masih banyak wartawan yang benar-benar mengabdikan dirinya untuk kepentingan publik.. Tulisan ini diharapkan dapat merubah paradigma kita bahwa seorang wartawan itu tidak selalu identik dengan kata "nakal".

^.^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com